Selasa, 17 Mei 2016

Lima Sifat yg Dimiliki Orang Beriman pada Surah Al-Anfal.....



Iman kepada Allah yaitu satu hal yg mesti dilaksanakan oleh umat Islam. Iman kepada Allah berarti bahwa kita percaya ia yaitu satu-satunya yg mempunyai keagungan dan kesempurnaan.
Iman kepada Allah jadi kebutuhan dasar manusia dan sumber kebahagiaan bagus di Jagat ini dan di akhirat. Bentuk iman diwujudkan dengan mengakui pada hatinya, diucapkan melalui lisan dan dibuktikan dengan perbuatan Tentu aja gelar menyadang sebagai orang-orang yg beriman jadi hal yg mulia. akan tetapi, bagaimana kita jadi orang percaya? Ternyata Allah telah membagikan jawaban pada Surah Al-Anfal. yaitu isi dari Sura? Berikut informasi makin lanjut.
1. mempunyai Ketakutan di pada Hati 
Sifat pertama dimiliki oleh orang-orang yg percaya bahwa mereka takut memilii pada hatinya. Allah Ta’ala berfirman
“Sesungguhnya, mereka yg percaya yaitu mereka yg apabila disebut nama Allah gemetarlah hati” (QS Al-Anfal:. 2)
Perasaan takut jikalau disebutkan nama Allah SWT dilaksanakan oleh mereka yg percaya. Perasaan takut ke pada bentuk memuliakan Allah. saat ia hendak menjalankan perzinahan, Selanjutnya teringat Allah, dan tak melakukannya maka ia percaya.
2. Tambahan iman mereka saat Ayat Quran Dikisahkan 
Sifat pertama dimiliki oleh orang-orang yg beriman yaitu saat membacakan ayat-ayat Al-Quran maka bertambahlah iman orang tersebut. Seperti yg kita tahu bahwa orang-orang yg beriman, saat ia mendengar pembacaan Al-Qur’an maka bergetarlah hati. Di sini, Selanjutnya melonjakkan iman orang tersebut. Allah Ta’ala berfirman
“dan saat membacakan ayat-ayat-Nya melonjakkan iman mereka (karenanya)” (QS Al-Anfal:. 2)
Ada begitu banyak manfaat yg Bisa diperoleh rasa peningkatan mereka iman .. Sebagai RasulullahShallallahu ‘alaihi Wasallam pernah memerintahkan Ibnu Mas’ud untuk membacakan Al-Qur’an, maka Ibnu Mas’ud berkata, “Bagaimana saya Bisa membaca Al-Qur’an jadi Al-Qur’an diturunkan kepadamu?”.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam menjawab, “Benar-benar saya suka mendengar pembacaan Al-Qur’an dari orang lain.” Ibnu Mas’ud membaca surah An-Nisa, kapan ayat 41,
“bagaimana Selanjutnya (sebagai orang kafir nanti), jikalau kita membawa saksi seseorang (rasul) dari setiap orang dan kami membawa kalian (Muhammad) sebagai saksi terhadap mereka (sebagai orang-orang kalian) “(QS An-Nisa:. 41).
Maka Nabi berkata, “lumayan” Saya melihat Nabi dan melihat matanya dengan air mata. (HR. Al-Bukhari)
Dengan melonjakkan iman, itu bakal menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan bahkan makin dekat dengan ketaatan.

3. Hanya tawakkal kepada Allah 

Sifat kedua yg dimiliki oleh umat beriman yaitu bahwa mereka hanya menempatkan kepercayaan mereka saat Tuhan aja. tak ada tempat atau makhluk lain yg jadi tempatnya berlindung dan bergantung. ia menyadari bahwa hanya Allah yaitu tempat terbaik kepercayaan saya. Allah Ta’ala berfirman:
“dan hanya untuk Tuhan mereka, mereka bertawakal” (QS Al-Anfal:. 2).
Orang percaya bakal selalu bersandar urusannya hanya untuk Allah. Mereka pula menyadari bahwa terwujud dan tak menyadari segala sesuatu itu hanya kehendak Allah SWT.
4. Menetapkan Shalat 
Doa yaitu tiang agama. Ternyata mendirikan shalat selalu jadi Disorientasi satu sifat yg dimiliki oleh umat beriman. Mereka bakal selalu menjalankan perintah Allah yg satu ini, dan tentu aja mendapatkan pahala sesudah itu. Allah Ta’ala berfirman
“(yaitu) orang-orang yg mendirikan shalat” (QS Al-Anfal:. 3).
Ada banyak ayat pada Al Qur’an yg menunjukkan bahwa doa jadi Disorientasi satu bukti iman seseorang. Orang-orang percaya bakal mendirikan shalat dengan sempurna, bagus itu shalat wajib atau sunnah.
5. berinfak suka 
tak cuma mereka yg selalu mendirikan shalat, ternyata orang-orang beriman pula suka berinfak atau amal. Mereka menyadari bahwa amal jadi tips untuk membantu sesama manusia yg berada pada kesulitan. Allah Ta’ala berfirman
“dan yg menghabiskan rizki Kami berikan kepada mereka” (QS Al-Anfal:. 3).
akan tetapi, mesti dipahami yaitu setia menginfakkan harta di jalan Allah. Seperti yg dilakukan oleh anhu Abu Bakar radhiyallahu ‘, ia menginfakkan seluruh Harta di jalan Allah. akan tetapi, jikalau ada kebutuhan mendesak, seperti kebutuhan untuk diri dan keluarga serta orang lain yg mesti dipenuhi maka tak mesti menghabiskan di seluruh properti.
“ini yaitu orang-orang yg percaya kepada kebenaran” (QS Al-Anfal:. 4).
Informasi tersebut mengenai lima sifat yg dimiliki oleh orang-orang yg beriman. Lima sifat yg sudah dijelaskan dengan cara jelas pada Surah Al-Anfal. Semoga kita termasuk pada golongan orang-orang yg terus berkembang keimanan kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar